Kreatif

Strategi Jualan Melalui Instagram

Berbicara mengenai media dan/atau platform yang digunakan oleh para pelaku usaha dalam memasarkan produknya tentu tidak terlepas dari penggunaan Sosial Media. Perkembangan Sosial Media yang begitu pesat saat ini memberikan kemudahan bagi para pelaku usaha untuk menjangkau market yang lebih luas salah satunya melalui sosial media seperti Instagram.

Logo Instagram

Instagram sendiri merupakan sebuah aplikasi berbagi foto dan video yang memungkinkan pengguna mengambil foto, mengambil video, menerapkan filter digital, dan membagikannya ke berbagai layanan jejaring sosial, termasuk milik Instagram sendiri. Dikembangkan oleh Kevin Systrom, Mike Krieger, dan Facebook, sosial media yang diluncurkan pada 6 Oktober 2010 ini berhasil mendapatkan banyak penghargaan dan menjadi salah satu aplikasi yang banyak diunduh di Play Store serta most popular platform yang paling banyak digunakan. Dimana selain digunakan sebagai galeri foto pribadi, Instagram dapat dikatakan menjadi pusat bagi pelaku usaha untuk menawarkan produk yang dimiliki ke konsumen.

Lantas, apa saja sih strategi yang dapat anda terapkan untuk memasarkan produk melalui Sosial Media Instagram? Simak penjelasannya berikut

  1. Pahami Produk dan Market

Sebelum memperkenalkan produk anda ke pangsa pasar yang lebih luas, terlebih dahulu anda harus memahami produk yang akan dijual. Memahami produk disini memiliki arti bahwa anda harus tau apa keunikan (uniqueness) dari produk anda, manfaatnya apa, keunggulan dibandingkan dengan produk lain seperti apa, dan lain sebagainya. Setelah anda memahami produk yang akan dijual, akan mempermudah untuk memahami tahapan selanjutnya yakni menentukan market dan/atau pangsa pasar produk.

Sebagai contoh, anda merupakan seorang produsen produk Beras Merah Organik, agar produk anda diminati oleh konsumen dan laris terjual, anda harus memposting konten tentang manfaat dari beras merah organik itu seperti apa. Selain itu, agar produk anda tepat sasaran, identifikasi orang-orang yang akan anda follow, misalnya para publik figur yang concern akan masalah kesehatan dan olahraga seperti Dedy Corbuzier, Iko Uwais, dan lain sebagainya, atau anda juga dapat memfollow follower akun-akun Instagram yang menyajikan konten-konten kesehatan dan comment pada setiap postingan mereka.

  1. Company Branding Package

Mungkin bagi para pelaku usaha yang baru terjun ke digital marketing akan merasa asing dan tidak terlalu concern akan pentingnya company branding package. Company branding package sendiri merupakan salah satu strategi dalam membangun image produk anda dimata konsumen. Beberapa elemen penting yang harus ada diantaranya yakni Logo dan Mood Colour dari Perusahaan atau produk. Terkait dengan Logo, anda bisa melihat penjelasan lebih lengkap pada artikel Jagoan Indonesia sebelumnya “Tips dan Trik Membuat Logo Usaha”.

  1. Instagram Business Account

Nah, Instagram Business Account sendiri merupakan fitur yang diluncurkan oleh Instagram pada tahun 2016 yang dikhususkan untuk mempermudah online marketing dari produk-produk pelaku bisnis. Keunggulan dari Instagram Business Account sendiri adalah terdapat beberapa fitur seperti profil bisnis, analytics, dan kemampuan untuk mengubah postingan Instagram menjadi sebuah iklan yang dapat dilakukan secara langsung melalui apps. Untuk itu, penting bagi anda para pelaku bisnis merubah personal account anda menjadi business account atau membuat akun Instagram baru untuk berjualan.

  1. Ikuti Template Instagram Business Account

Setelah anda memiliki Instagram Business Account, langkah selanjutnya yakni lengkapi profil dab/atau deskripsi terkait perusahaan atau produk anda pada bagian Bio Instagram. Deskripsi tersebut dapat berupa alamat website, kontak WA, email, keunggulan produk (misal, 100% Organik), alamat perusahaan, penawaran menarik dan diskon, dan lain sebagainya. Melalui detail produk yang anda cantumkan pada kolom Bio Instagram akan semakin mempermudah dan menarik minat konsumen untuk membeli produk anda.

  1. Story dan Highlight

Selang satu tahun setelah peluncuran fitur business account, Instagram kembali memberikan pembaruan pada apps-nya yakni fitur Highlight. Fitur Highlight sendiri merupakan satu kesatuan dengan fitur story, dimana jika sebelumnya story Instagram akan menghilang dalam jangka waktu 1×24 jam, lain halnya jika anda meng-higlight story anda, maka melalui fitur ini anda bisa merangkum beberapa video lalu dijadikan dalam satu cuplikan. Penempatan fitur ini berada di tengah-tengah antara bawah kolom profil dan postingan foto. Tampilannya sama seperti Instagram Stories di halaman utama dengan bentuk lingkaran dan tampil lebih lama di halaman profil pengguna yakni hingga lebih dari 24 jam selama pengguna menginginkan video tersebut ditampilkan. Anda dapat memanfaatkan fitur ini untuk mendeliver banyak informasi kepada para calon konsumen tanpa harus mempostingnya dalam Insta Story terus-menerus.

Itulah beberapa strategi awal yang dapat anda terapkan jika anda ingin berjualan online melalui sosial media Instagram. Selain itu, masih akan ada banyak lagi strategi digital marketing melalui Instagram yang akan Jagoan Indonesia bahas untuk membantu online store anda. So, update terus artikel terbaru dari Jagoan Indonesia.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
methpedia.org plantingdandelions.com https://oncoswisscenter.com/ https://gpszakamion.com/ munich business