Kreatif

Tips dan Trik Membuat Logo Usaha

Siapa yang tidak mengenal beberapa produk kenamaan dunia seperti kopi “Starbucks” dan sepatu “Nike” ? Selain dari segi produknya yang berkualitas, pasti anda juga sangat mengenal Logo dari kedua brand tersebut bukan? Logo yang iconic dan simple secara tidak langsung menjadikan kedua brand tersebut sangat mudah dikenali oleh masyarakat dan menjadi branding akan produk yang dijual.

Logo Nike

Tapi tahukan anda, sebelum pada akhirnya Starbucks eksis dengan logonya yang sekarang, produk kopi dari Negeri Paman Sam ini terhitung sudah 4 kali merubah logonya selama kurang lebih 40 tahun berkecimpung dalam bisnis kopi yakni pada tahun 1971, 1987, 1992, dan 2011. Secara tidak langsung hal tersebut menunjukkan bahwa membuat logo yang mudah diingat oleh calon konsumen dan mengandung makna perusahaan tidaklah mudah, butuh proses dan evaluasi yang kontinu sampai pada akhirnya menemukan logo yang pas dan bertahan lama.

Logo Starbucks

Pada dasarnya, logo itu merupakan sebuah karya seni yang berasal dari cita rasa dari si pembuat logo itu sendiri, jadi tidak ada aturan baku terkait dengan bagaimana membuat sebuah logo. Nah, Untuk memudahkan anda dalam membuat logo bisnis, Jagoan Indonesia mempunyai beberapa tips dan trik dalam proses pembuatan logo, diantaranya yakni:

  1. Buatlah Logo Simple

Jika melihat pada beberapa logo dari perusahaan besar seperti McD, KFC, Starbucks, Adidas, Apple dan lain sebagainya, perusahaan-perusahaan tersebut mengalami evolusi logo dimana dalam perjalanannya logo-logo tersebut semakin disederhanakan. Kenapa logo perlu disederhanakan? Manfaatnya apa? Nah, pembuatan logo yang dibuat menjadi sederhana (simple) selain bertujuan agar mudah diingat oleh konsumen, juga bertujuan agar logo mudah diaplikasikan pada berbagai media seperti media cetak, digital, kemasan, dan lain sebagainya. Selain itu, logo yang simple juga akan membantu untuk menekan budget yang anda keluarkan jika hendak menggunakannya pada berbagai media yang sudah disebutkan sebelumnya

  1. Unik dan Iconic

Selain membuat logo sederhana, perlu diperhatikan pula penambahan unsur-unsur lain agar membuat logo sederhana tersebut menjadi lebih iconic. Misalnya, dengan memberikan jarak (jika logo berupa tulisan), dan penambahan detail lain

  1. Mengandung Visi dan Misi Perusahaan

Dalam pembuatan logo, penting juga untuk menggambarkan visi dan misi perusahaan anda. Akan tetapi, apabila dirasa sulit untuk menambahkan visi dan misi maka cara pendekatan yang mudah adalah dengan mengetahui barang apa yang akan anda jual, dan membuat logo dengan menggambarkannya dalam bentuk icon. Sebagai contoh, anda memiliki usaha toko roti, untuk membuat logo yang sederhana dan mengandung makna, anda dapat menggunakan icon roti atau chef

  1. Tahan Lama

Selain ketiga poin tersebut, pastikan juga bahwa logo yang anda buat dapat bertahan lama dari masa ke masa dan tidak hanya terlihat bagus dihari ini saja akan tetapi untuk seterusnya. Hal tersebut bertujuan agar tidak ada perasaan untuk mengubahnya dimasa mendatang.

  1. Mudah Diaplikasikan Pada Berbagai Media

Seperti yang telah dibahas pada poin pertama, ketika membuat sebuah logo perlu juga diperhatikan agar logo tersebut dapat dengan mudah diaplikasikan pada berbagai media. Sebagai contoh, anda telah membuat sebuah logo yang sangat bagus dengan berbagai macam warna, ketika yang dimasukkan kedalam media digital tidak ada masalah, akan tetapi ketika logo tersebut akan diaplikasikan pada media cetak kemungkinan biaya yang dikeluarkan dalam produksinya akan mahal.

Itulah beberapa tips dan trik terkait dengan pembuatan logo. Semoga tips dan trik tersebut dapat membantu anda dalam membuat logo bagi usaha yang sedang atau akan anda jalankan.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button