DigitalDigital EconomicsEkonomiKreatif

Marketplace and Economics Indonesian Landscape

Saat ini Emmiryzan merupakan Kepala Divisi Kebijakan Publik dan Hubungan Pemerintah Daerah di Tokopedia. Emmiryzan bertanggung jawan dalam mengawasi strategi perusahaan dalam advokasi, membangun kolaborasi, serta menjalin hubungan dengan Pemerintah Daerah di Indonesia. Sebelum bekerja di Tokopedia, Emmiryzan menduduki posisi sebagai Regional Public Policy and Government Relation Manager di Gojek Indonesia serta Associate di AZP Legal Consultant.

Pada Webinar Digital Economics and Creativepreneurship 2022, Emmiryzan membawakan materi yang berjudul Marketplace and Economics Indonesian Landscape.

Emmiryzan membuka materi dengan menjelaskan mengenai potensi yang besar dalam ekonomi digital. Hal ini dibuktikan dengan beberapa riset yang didapatkan oleh Tokopedia, antara lain :
– 91% penetrasi telepon genggam
– 64,8% penetrasi internet
– 49% penetrasi bank
– 5% penetrasi e-commerce

Dari angka tersebut penetrasi e-commerce adalah yang paling kecil. Namun, dengan angka yang begitu kecil, potensi yang akan didapatkan masih sangat luas.

Emmiryzan memaparkan bahwa, saat ini ekonomi digital merupakan lokomotif baru dalam perumbuhan ekonomi di Indonesia. Target Pemerintah terhadap kontribusi ekonomi digital terhadap PDB pada tahun 2020 adalah sebesar 18%. Hal ini menggambarkan bahwa Pemerintah dan Kementerian terkait sangat mengharapkan ekonomi digital dapat terus tumbuh di masa mendatang.

Untuk materi yang lebih lengkap, dapat disimak pada video berikut ini.

 

Baca juga : Fintech Outlook in Indonesia

 

 

 

 

 

Oleh : Handoyo Tejo Wasito

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
methpedia.org plantingdandelions.com https://oncoswisscenter.com/ https://gpszakamion.com/ munich business