Community Learning: Kelas Media Sosial Jagoan Indonesia x JNE

Program Community Learning telah sukses dilaksanakan oleh Jagoan Indonesia pada tanggal 3-4 Maret 2023. Program ini diadakan di Piknik Hub, Malang dan diikuti oleh 25 peserta per harinya. Program Community Learning ini merupakan kegiatan kolaborasi antara Jagoan Indonesia dengan JNE dengan tema “Content Promosi dan Sosial Media Management”. Kelas media sosial ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan keterampilan baru kepada para pelaku UMKM dalam bidang digital marketing.
Materi yang disampaikan dalam kelas ini adalah proses penyusunan storyboard, praktik desain promosi, praktik desain dengan canva, praktik copywriting, set iklan melalui Facebook Ads, dan materi pengiriman produk yang aman oleh JNE. Setiap materi tersebut disampaikan oleh orang-orang yang telah berpengalaman secara langsung dalam menyusun konten digital marketing yang efektif dan menarik.







Penyusunan storyboard terkait dengan pengetahuan dan keterampilan dalam merancang konsep cerita, mengembangkan karakter, menentukan alur, dan menentukan setting yang tepat untuk foto/video marketing. Lalu, materi desain canva membahas terkait dengan bagaimana menggunakan platform desain grafis online canva untuk membuat berbagai materi promosi digital. Untuk materi praktik copywriting sendiri terkait dengan
pengetahuan dan keterampilan dalam menulis teks promosi yang efektif dan persuasif. Terakhir, peserta juga diberikan materi terkait set iklan melalui Facebook Ads, yang meliputi teknik membuat iklan yang tepat sasaran, menentukan target audiens, menentukan budget yang tepat, dan menganalisa hasil kampanye iklan. Selain itu, dalam kelas ini juga peserta diajarkan tarkait pengiriman produk yang lebih aman dari JNE.
“Good marketing makes the company look smart. Great marketing makes the customer feel smart.” – Joe Chernov
Secara keseluruhan, kelas media sosial yang diadakan pada tanggal 3-4 Maret 2023 ini memberikan pengetahuan dan keterampilan baru dalam bidang digital marketing kepada peserta, khususnya pada pelaku UMKM. Para narasumber juga memberikan saran, tips, serta contoh yang berguna dalam menjalankan bisnis digital marketing yang efektif. Selain itu, kelas ini juga memberikan kesempatan bagi peserta untuk berinteraksi dengan peserta lainnya. Hal ini memberikan kesempatan untuk berkolaborasi dan bertukar pengalaman dalam dunia digital marketing. Diharapkan setelah mengikuti kegiatan ini, peserta dapat menerapkan pengetahuan dan keterampilan baru yang mereka dapatkan untuk mengembangkan bisnis atau karir mereka di dunia digital marketing. Nantikan terus kegiatan lainnya ya!
Baca juga: Makin Populer! Apa itu Shopee dan Tokopedia Affiliate?
Penulis: Sindi Ghassani Sabila