Articles

Tingkatkan Penjualan Melalui Instagram Ads

Mengapa Beriklan di Instagram?

Instagram ads memiliki banyak keunggulan yang tidak kalah dengan ads di platform lain, yakni:

  1. Bentuk iklan yang terlihat hampir sama dengan postingan foto dan video biasa, sehingga membuatnya tidak terkesan agresif seperti tipe ads pada platform lain.
  2. Setelah diakusisi oleh Facebook, Instagram Ads pun akhirnya menggunakan sistem targetingyang sama seperti Facebook, yang memungkinkan untuk memperoleh informasi pengguna dan penargetan yang spesifik, seperti dari lokasi, usia, jenis kelamin, hobi, ketertarikan, dll.
  3. Instagram ads menyediakan beberapa variasi format ads yang beragam seperti gambar, video, atau carousell.
  4. Selain itu, Instagram ads juga memberi ajakan kepada para penggunanya untuk meningkatkan engangement, seperti dengan adanya button ajakan seperti, follow, mengunjungi website kita, atau men-download aplikasi pada Instagram ads.

Getting Started with Instagram Ads

Bagaimana Cara Beriklan di Instagram?

  1. Pasang Iklan dengan Fitur Promote

Kalau akun IG anda masih personal, maka silahkan diubah menjadi akun professional. Ikuti step-step nya agar akun anda berubah menjadi akun bisnis. Saat akun sudah tipe business, maka otomatis di setiap postingan akan ada menu “promote”. Begitu ada promote, maka iklan di IG menjadi sangat mudah. Tingal tap tap dan klik klik. Lalu bagaimana cara promote instagram Anda melalui Instagram Ads? Caranya adalah pastikan akun IG Anda terhubung dengan Facebook.

Kemudian klik “promote” dan akan muncul opsi pertama yakni iklan diarahkan ke profile atau website (jika ada). Setelah itu tentukan target audience iklan Anda. Kalau jualan makeup, ya  targetkan ke audience perempuan yang suka makeup. Kalau bisnis kuliner, ya arahkan iklan bagi orang-orang yang suka makanan. Pengaturan seperti ini akan membuat iklan IG menjadi highly targeted dan efektif. Selanjutnya, tentukan anggarannya secara harian. Paling murah Anda bisa memasang iklan dengan tarif Rp. 10 ribu/hari.

Pasang Iklan IG juga bisa dilakukan melalui akun FB Business (Fanpage) Anda. Jadi anda bisa pasang iklan IG dengan mudah melalui akun FB Anda. Serba terkoneksi dan memudahkan pemakaian. Ukuran efektivitas pasang iklan di IG atau FB disebut dengan istilah ROAS – Revenue on Ad Spending atau berapa penjualan yang bisa didapat dengan pasang iklan. Minimal ROAS harus 5 kalinya. Jadi jika pasang iklan dengan biaya Rp. 1 Juta, maka minimal omzet yang didapatkan harus Rp. 5 Juta.

Instagram Ads juga dapat membantu anda mengetahui traffic pada akun Anda, yakni dengan klik menu “Insight”. Fitur ini membantu Anda mendapatkan informasi terkait konten yang anda posting, yakni informasi tentang jumlah interaksi, informasi tentang penambahan dan pengurangan followers, lokasi asal audience, rentang usia audience, jenis kelamin audience, dan waktu akses followers.

  1. Pasang Iklan melalui Jasa Paid Promote atau Endorse

Jasa PP dan endorse banyak disediakan oleh akun-akun dengan jumlah followers yang besar. Cukup search kata kunci sesuai produk yang Anda jual. Misal Anda jualan hijab, maka search akun muslimah. Selain itu, kalau mau lebih spesifik geografisnya, maka search berdasarkan  nama kota yang Anda tuju. Misal search Info Surabaya, Info Malang, Malang Foodies, dsb. (cocok untuk menyasar orang-orang disekitaran kota Anda saja).

Setelah menemukan akun-akun yang relevan dengan bisnis Anda, maka Anda bisa kontak akun tsb untuk bekerjasama. Tarif yang dipatok pun beragam,  tergantung jumlah followers dan status akun tersebut. PP/endorse bisa diupload melalui story ataupun post di feed IG (tergantung kontrak kerjasama).

Untuk postingan di feed IG dapat dilihat  apakah yang memberikan like atau komen banyak? Kalau banyak, artinya akun tersebut  memang kredibel dan tinggi engagement dengan followersnya.

Maksimalkan Instagram Stories Untuk Memperkenalkan Produk dan Berkomunikasi Dengan Calon Buyer 

Tips Pasang Iklan dengan Instagram Ads!

  1. Memaksimalkan Instagram Stories

Instagram stories adalah fitur Instagram untuk menampilkan postingan foto dan video yang hanya berlaku selama 24 jam. Namun jangan khawatir, anda tidak perlu terus menerus upload di story karena anda dapat menjadikan story anda sebagai highlight yang bisa dilihat siapapun dan kapanpun.

  1. Visual itu penting

Instagram adalah media sosial yang konten utamanya berupa foto dan video, oleh karena itu Instagram menitikberatkan kontennya pada visual. Instagram menghasruskan Anda memposting foto atau video tiap post, berbeda dengan media sosial lainnya yang memungkinkan Anda post tulisan saja. Hal ini lah yang menuntut Anda menampilkan iklan dengan visual yang menarik.

  1. Perhatikan ukuran gambar Instagram Ads

Setiap format iklan di Instagram Ads membutuhkan gambar dengan ukuran yang berbeda-beda, yakni Single Image dengan ukuran 1200 x 628 pixels, Carouse dengan ukuran 1080 x 1080 pixels, Slideshow dengan ukuran 1280 x 720 pixels, dan Single Video dengan format .mp4; .mov; dan .gif adalah yang paling ideal.

Itulah beberapa tips dan trik untuk meningkatkan engagement dan penjualan produk melalui Instagram Ads.

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button