Articles

Magang Online : Visualisasi Data Dashboard #1

Menghadapi pandemi memang bukanlah hal yang mudah. Banyak aktivitas yang mau tidak mau harus terhenti atau berjalan lambat. Salah satu yang mendapatkan pengaruh besar dari adanya pandemi adalah pada sektor pendidikan. Sudah hampir 6 bulan lamanya semua institusi menghentikan aktivitas belajar mengajar secara langsung dan diubah menjadi metode daring.

Hal ini tentu mengurangi efektivitas pembelajaran siswa atau mahasiswa, namun demi menekan angka penyebaran covid 19, khususnya pada cluster intitusi, maka langkah ini pun tetap digunakan hingga waktu yang belum ditentukan. Oleh karena itu, Jagoan Indonesia mencoba membantu teman-teman mahasiswa yang harus menempuh kegiatan magang sebagai salah satu syarat memenuhi sks, tanpa harus bertemu secara langsung.

Mahasiswa yang terlibat dalam kegiatan magang online ini dapat melakukan kegiatan magang dari kediaman masing-masing. Keuntungan magang online ini adalah waktu yang digunakan fleksibel, namun sudah terlebih dahulu disepakati terkait durasi magang. Setiap harinya, waktu magang yang diperlukan adalah 8 jam selama 30 hari masa aktif magang.

Salah satu alternatif yang ditawarkan pada mahasiswa yang bergabung di magang online Jagoan Indonesia adalah Visualisasi Data. Mahasiswa diajarkan terkait bagaimana mengelola data yang susah dibaca orang awam menjadi data grafik yang mudah diinterpretasikan. Software yang digunakan adalah Tableau.

Pada awal kegiatan, mahasiswa di briefing terkait peraturan-peraturan selama magang. Seiring berjalannya waktu, mahasiswa terus dibekali cara-cara mengoerpasikan Tableau dengan berbagai latihan secara langsung menggunakan data yang didapatkan dari pihak yang bekerja sama. Salah satu pihak yang berkolaborasi pada magang Dashboard #1 ini adalah Bappeda Banyuwangi.

Mahasiswa dalam kegiatan Magang Online Dashboard #1 terdiri atas 5 mahasiswa. Kelimanya mendapatkan tugas pertama untuk melakukan data cleaning/pembersihan data sebelum akhirnya diolah dengan menggunakan Tableau. Beberapa data yang diolah adalah data ekonomi makro, potensi wilayah, produktivitas pertanian, demografi, sosial ekonomi, serta data geografis.

Data-data tersebut diolah menjadi grafis untuk kemudian dijadikan dashboard yang dapat diakses secara real time melalui akun Tableau Public masing-masing mahasiswa. Berikut adalah beberapa outpun yang dihasilkan oleh teman-teman mahasiswa selama 30 hari durasi magang:

1. https://public.tableau.com/profile/kalis.rifo.irwandi
2. https://public.tableau.com/profile/zahra.nissa.qoirina.risandy
3. https://public.tableau.com/profile/haritsa.hasyira
4. https://public.tableau.com/profile/aufan.ghifari
5. https://public.tableau.com/profile/shindu.ratmoro

Dashboard yang dihasilkan dari kegiatan ini, kemudian diserahkan kepada Bappeda Banyuwangi, untuk nantinya dapat dijadikan pertimbangan bagi pemerintah daerah dalam membuat kebijakan.

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button