Kreatif

Keunggulan Instagram Shopping

Untuk pengguna aktif Instagram baik yang berupa akun pribadi maupun business account mungkin sudah tidak asing lagi dengan fitur-fitur dasar yang ada pada kedua jenis akun tersebut. Akan tetapi, selain fitur-fitur dasar, Instagram juga memiliki fasilitas lain yang diperuntukkan untuk business account yakni Instagram Shopping. Instagram Shopping merupakan fitur lintas Instagram yang memungkinkan penggunanya untuk berbelanja secara langsung dalam aplikasi. Serta menjadikan business account yang anda miliki menjadi shopable storefront.

Berdasarkan data yang dilansir pada Official Website Instagram Business, 70% para shopping enthusiasts menggunakan Instagram untuk menemukan produk yang diinginkan, dan 87% berpendapat bahwa endorsement yang dilakukan oleh pelaku usaha melalui jasa selebgram juga berpengaruh besar terhadap keputusan untuk membeli sebuah produk.

Untuk lebih jelas, berikut adalah beberapa manfaat yang akan didapatkan apabila mengaktifkan Instagram Shopping pada bisnis yang sedang anda jalankan

  1. Shops

Seperti yang telah dibahas sebelumnya, melalui Instagram Shops baik produsen maupun konsumen akan semakin dipermudah dalam menjual dan membeli produk yang diinginkan (shop directly). Anda juga dapat melakukan customizing pada storefront sesuai dengan keinginan.

  1. Shopping Tags

Melalui Shopping Tags, anda dapat menambahkan dan/atau menampilkan new product dan  produk yang paling banyak diminati oleh pelanggan kedalam Instagram Stories dan Feed. Dengan begitu, calon pembeli akan dengan mudah mengetahui setiap produk baru dan promo yang anda tawarkan

  1. Shop in Explore

Kehadiran Shop in Explore pada Instagram memudahkan penggunanya untuk menemukan berbagai jenis produk, dikarenakan Shop in Explore memisahkan antara kategori produk dan konten Instagram lainnya yang sering ditemukan pada explore secara umum

  1. Collections

Jika produk anda memiliki berbagai jenis produk, Instagram juga memberikan kemudahan untuk melalukan customizing pada store yang dimiliki melalui editorial point of view dan mengelompokkan masing-masing jenis produk yang sejenis

  1. Product Detail Page

Untuk lebih memberikan pemahaman terkait produk kepada calon pembeli, anda juga dapat menambahkan berbagai detail produk pada product detail page (PDPs). Pada PDP, anda dapat menambahkan keterangan tambahan seperti size, harga, shipping, dan berbagai deskripsi yang sekiranya relevan dengan produk yang dijual. Selain menambahkan detail dalam bentuk deskripsi kata, anda juga dapat menambahkan detail produk dalam bentuk foto yang nantinya pembeli dapat men-swipe beberapa foto yang anda upload sekaligus

  1. Shopping Ads

Selain melalui shop explore, anda juga dapat menggunakan shopping ads sebagai salah satu strategi untuk menjangkau lebih banyak khalayak. Shopping Ads juga memungkinkan anda untuk linking produk pada storefront Instagram ke Website yang anda miliki melalui Ads Manager

  1. Checkout

Bagi anda yang saat ini sudah menggunakan business account tapi belum mengaktifkan fitur Instagram Shopping, anda pasti masih memanfaatkan jasa lain seperti LINE atau WhatsApp untuk menerima format order dan/atau konfirmasi pembayaran dari pembeli. Akan tetapi, anda tidak perlu khawatir, Instagram akan segera melaunch fitur Checkout yang ada pada Instagram Shopping, dimana nantinya akan memudahkan bisnis anda dan tentunya para calon pembeli untuk secara langsung melakukan checkout produk tanpa harus meninggalkan aplikasi. Untuk saat ini, fitur checkout masih dalam tahap percobaan dan perkembangan lebih lanjut (BETA Version) di United States.

  1. Shopping From Creators

Fitur satu ini juga menjadi pilihan alternatif lain bagi anda para pelaku usaha untuk memperluas pangsa pasar, dimana anda dapat melakukan kolaborasi dan/atau endorsement dengan creators/selebgram yang mana nantinya creators dapat memberikan keterangan tambahan (dalam bentuk tag) dibawah nama akun mereka (contoh, Paid Partnership With (nama bisnis anda))

  1. Product Launches

Anda memiliki produk baru yang akan segera di launch dalam waktu dekat? Bagi anda yang sudah mengaktifkan Instagram Shopping sepertinya harus bersabar dan menunggu developer Instagram untuk segera melaunch fitur satu ini, dimana fitur ini nantinya akan menjadi satu kesatuan dengan fitur checkout. Lalu apa keunggulan dari fitur ini? Sesuai dengan namanya, fitur product launches ini akan mempermudah anda untuk memberikan info kepada pelanggan bahwa akan ada produk baru yang segera anda launch dalam waktu dekat. Pada product launch, anda dapat menampilkan foto ataupun video yang memuat detail dari produk, sehingga calon pembeli dapat melakukan review pada product details terlebih dahulu serta set reminders to buy as soon as it’s available.

Nah, itulah beberapa gambaran dari fitur-fitur yang ada pada Instagram Business Account: Shopping, akan sangat memudahkan anda dalam menjalankan bisnis bukan? Walaupun beberapa fitur masih belum di launch secara resmi oleh Instagram, anda masih dapat menggunakan beberapa fitur lain yang tentunya juga mempermudah anda dalam memanage bisnis.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button