Articles

5 Tips Mengelola Keuangan

Uang adalah satu komponen penting bagi keberlanjutan hidup seseorang. Sobat Jagoan pasti pusing kan kalo dompet atau saldo atm menipis?

Nah, maka dari itu penting banget yang namanya mengelola keuangan dengan benar. Jangan sampai tiba-tiba uang menipis aja padalah gajian masih lama.

Mengelola keuangan bukanlah hal yang susah dilakukan, tapi tidak bisa sembarangan juga. Ada tips and tricks-nya biar keuangan terkelola dengan benar. Seperti apasih tips and tricksnya?

  1. Buat Pembukuan

Pembukuan penting sekali dilakukan untuk mencatat tentang pemasukan, pengeluaran, hutang, bahkan asset Anda. Sehingga Anda akan tahu kemana saja uang Anda akan dialirkan.

  1. Bayar Tagihan

Dewasa ini, kita dipermudah dengan berbagai kemudahan misal membeli barang tapi bayarnya tidak langsung saat itu, atau bisa kita sebut pay later. Maka dari itu, banyak sekali orang tertarik menggunakan kartu kredit, dan melakukan cicilan. Tentu hal ini perlu dipertimbangkan dalam mengelola keuangan. Selain cicilan dan kartu kredit, tagian lain yang perlu Anda pertimbangkan adalah membayar pajar tepat waktu.

  1. Memisahkan uang pribadi dengan uang usaha

Tujuannya agar kedua dana tersebut tidak tercampur penggunaannya. Dana usaha akan berbeda pengelolaannya dengan dana pribadi. Memisahkan kedua dana tersebut juga dikarenakan perbedaan tujuan dari dana tersebut, dana usaha nantinya digunakan untuk memutar keuangan usaha, sedangkan dana pribadi fungsinya untuk menhidupi kebutuhan sehari-hari.

  1. Buat sistem keuangan yang baik dengan merencanakan penggunaan uang

Tujuannya adalah agar Anda tidak spend too much money untuk hal-hal yang tidak terlalu anda butuhkan. Dengan menentukan untuk apa saja penggunaan uang Anda, maka anda dapat merencanakan keuangan Anda dengan lebih jelas

  1. Siapkan dana darurat

Dana darurat merupakan salah satu komponen penting yang perlu dilakukan. Karena hidup manusia itu penuh ketidakpastian, maka apapun bisa saja terjadi kapanpun dan dimanapun. Jadi fungsi dana darurat ini untuk menutupi pengeluaran yang tidak terduga, misal tiba-tiba ada anggota keluarga yang sakit, atau contohnya ketika tiba-tiba pandemi melanda seperti saat ini.

Mengelola keuangan memang tidak akan sama antara satu orang dengan orang lain. Tentu harus balik ke diri masing-masing terkait mana saja cara yang paling cocok dengan diri Anda. Hal ini dikarenakan banyak faktor yang hasru dipertimbangkan, seperti seberapa besar gaji Anda perbulan, seberapa besar pengeluaran Anda perbulan, apa saja tanggungan Anda, serta target masa depan Anda seperti apa.  Dari sinilah Anda akan bisa menentukan langkah mengelola keuangan Anda akan seperti apa.

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button