Ekonomi

Program Pahlawan UMKM

Program Pahlawan UMKM

#7DaysChallenge #covid19

Dukung UMKM (atau Desa) untuk tetap exist di Era Covid19: #Markokuy — Mari Kolaborasi Kuy

Kita bs melakukan hal positif dan berkolaborasi di tengah kondisi sulit ini. Saling menguatkan, tenggang rasa dan gotong-royong harus jadi kunci di masa ini.

Kolaborasi antar anak muda mungkin sudah banyak dilakukan sehingga menghadirkan start-up2 yang sukses.

Namun kalau kolaborasinya ditambah antara pemuda2 dan Bisnis lokal yang sudah “old” mindset? apakah sudah dilakukan.

pahlawanumkm.wordpress.com

Kita akan membuat #7dayschallenge untuk anak muda punya kontribusi bagi UMKM lokal (atau Desa).

Dengan segala keterbatasan, resources dan biaya, tentu saja kita akan melakukan early support bagi bisnis lokal. Kita gunakan platform2 gratis untuk support bisnis lokal khususnya UMKM Usaha Mikro Kecil Menengah (atau Desa).

  • Kolaborasi 3 Orang Pemuda Indonesia dengan karakter Hacker, Hipster dan Hustler.
  • Pilih Bisnis lokal yang belum pernah melakukan upaya digital sama sekali.
  • Warung
  • Kerajinan
  • Pembuat Keripik
  • Jasa Travel
  • Guru Les Private
  • Desa Wisata
  • Bisnis lokal yang terpilih, 30 UMKM. secara langsung akan dipromosikan juga via carijagoan.id salah satu platform yang dibangun oleh Jagoan Indonesia, Profile IMage Studio dan Fariz RW.

Apa yang dilakukan Pemuda2 tersebut dalam 7 hari?

Day 1: Observing

  • Bertanya tentang sejarah perusahaan
  • Menjual apa saja?
  • Sejak Kapan?
  • Bagaimana Family Backgroundnya?
  • Sambil menganalisis kira-kira bisnis tersebut harus diarahkan kemana?
  • Value propositions
  • Customer Segments

Day 2: Story-Telling (3)

  • Dari proses observing digali cerita-cerita UMKM ini yang menyentuh hati.
  • Membuat 3 artikel max @250 kata.

Day 3: Logo and Business Model (Canva)

  • Dengan proses di Day 1 dan Day 2, maka dilanjutkan membuat sebuah logo dengan bantuan min Canva (atau desain grafis tool lain, seperti: coreldraw, AI dll)
  • Sambil dipetakan bagaimana bisnis model UMKM tersebut.
  • Dan bagaimana seharusnya strategi mereka kedepan.
  • AISAS Marketing strategy

Day 4: Website Development (Wordpress)

  • Mulai membangun Website (atleast landing page) dengan informasi umum.
  • Google Business Site
  • Facebook Pages
  • Deskripsi Bisnis
  • Contact Person
  • Map alamat
  • Produk-produk apa yang dijual
  • Blog (cerita umkm)

Day 5: Social Media (Instagram)

  • Instagram
  • Mengembangkan menjadi instagram (at least ada 10 posting)
  • Video + Text
  • Photo + Text

Day 6: Launching Day 1

  • Dikirim keminimal 50 teman-teman masing2 group, dan minimal 5 group whatsapp.
  • Posting di Social Media mereka.
  • Whatsapp Group
  • Wa Business Catalogue

Day 7: Evaluation and Wraping Up

  • Evaluasi “Lesson learned” dari proses ini.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button