Articles

Instagram Bisnis | Jagoan Indonesia

Halo sobat jagoan,

Kali ini ayas akan membagikan tips menggunakan instagram untuk berbisnis. Umak pastinya sudah mengenal aplikasi instagram dan tentunya sudah kerap menggunakan instagram untuk membagikan setiap momen yang terjadi di kehidupan nawak sehari-hari. Pengguna rata-rata instagram tetunya adalah kaum hawa, sebab kebanyakan dari mereka senang berbagi momen dan apa yang mereka rasakan saat itu juga. Tak banyak orang yang tau bahwa instagram juga bisa digunakan sebagai alat untuk berbisnis, namun tak sedikit pula yang sudah menggunakan instagram sebagai lahan mereka untuk mempromosikan suatu produk.

Nah sekarang ayas akan membahas tentang bagaimana membuat instagram nawak kabeh lebih dikenal dan tentunya akan menunjang promosi produk umak.

Pertama kali yang harus dilakukan adalah memahami aturan main dari instagram itu sendiri. Aturan instagram meliputi jumlah hastag maksimal dan jumlah karakter maksimal yang bisa dibuat untuk caption disetiap postingan umak.

Nah untuk langkah selanjutnya adalah umak harus meningkatkan intensitas interaksi dengan pengguna instagram lain. Contoh interaksinya antara lain dengan DM-an dengan pengguna lain, memberikan like atau komentar pada postingan teman agar umak mendapat feedback yang baik dari mereka.

Sekarang ayas akan membahas tips agar postingan nawak mendapatkan banyak perhatian dari pengguna instagram lain. Tips tersebut antara lain:

Upload postingan di waktu yang tepat. Kapan waktu yang tepat itu? Waktu terbaik untuk upload adalah saat jam makan siang, setelah subuh atau saat menjelang malam. Mayoritas orang lebih santai di waktu-waktu tersebut, dan biasanya ketika bersantai mereka akan mencari hiburan, salah satunya instagram

Atur juga jangka watu dalam mengupload postingan. Jangka waktu yang terlalu pendek untuk memposting sesuatu akan membuat pengguna lain bosan dengan postingan umak. Jeda waktu yang baik untuk upload adalah minimal setiap satu jam untuk satu postingan.

Kualitas foto yang bagus juga dapat mempengaruhi jumlah like dan komentar. Semakin bagus kualitas foto umak maka akan semakin banyak like dan komentar yang kalian dapatkan. Bila dirasa fotonya kurang bagus, umak dapat mengeditnya terlebih dahulu lewat berbagai aplikasi yang tersedia. Usahakan tidak menggunakan filter bawaan dari instagram karena itu akan mengurangi estetika dari fotonya.

Upload foto yang sedang trending saat itu. Mengupload foto yang berbeda dengan trending tentunya baik, namun jumlah like dan komentar di setiap postingan umak akan kalah dengan konten yang sedang trending saat itu.

Foto dengan artis atau publik figur dan caption yang menarik juga dapat menarik perhatian pengguna instagram lain untuk melihat postingan umak. Selain itu umak juga dapat menumaki nawak umak, publik figur atau akun instagram yang memiliki follower banyak atau akun populer. Ini memungkinkan postingan umak akan di repost oleh akun yang bersangkutan dan tentunya akan membuat umak lebih dikenal oleh pengguna lain.

Konten dari postingan umak juga harus sesuai dengan passion umak, misalnya kuliner, otomotif dll. Kurangi juga foto selfie sebagai konten upload umak karena itu akan meningkatkan rasa bosan pengunjung.

Nah sekarang ayas akan memberikan cara baru dalam marketing yaitu dengan cara 4E yaitu

Engage, ini merujuk pada interaksi yang umak lakukan dengan sasaran konsumen umak.

Educate, poin ini merujuk pada isi konten postingan yang harus mendidik dan memberikan informasi.

Excite, disini konten postingan umak harus mampu membuat konsumen antusias dan akan kembali lagi pada umak.

Terakhir Evangelize, ini merujuk pada tindakan umak agar konsumen mau dan mampu untuk merekomendasikan produk umak kepada orang lain.

Setelah tips dan cara yang ayas berikan tersebut sudah terlaksana. Buat evaluasi tiap hari, tiap minggu atau tiap bulan agar umak dapat mengetahui apa saja yang belum dan akan umak lakukan. Selain itu umak juga bisa membuat goals sebagai patokan keberhasilan umak menggunakan instagram sebagai alat berbisnis.

Sekian yang dapat ayas bagi kepada Jagoan, sampai jumpa.(BA)

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button