Articles

Collaborative Marketing UMKM

Kolaborasi dalam Memperluas Jangkauan Pemasaran

Collaborative marketing atau pemasaran berbasis kolaborasi sedang marak di dunia bisnis saat ini. Strategi ini dapat meningkatkan keterikatan merek kepada partner kolaborasi sekaligus mempengaruhi khalayak ramai.

Pemasaran kolaborasi secara umum adalah kegiatan dimana pemilik bisnis satu bekerja sama dengan pemilik bisnis lain/komunitas/organisasi/yayasan/lainnya dalam memasarkan produknya secara bersamaan. Yang dibutuhkan dalam pemasaran kolaborasi adalah tujuan yang sama dan segmentasi pasar yang sejenis dengan calon partner kolaborasi.

Pasar yang sama merupakan hal utama dalam pemasaran kolaborasi. Kadangkala pasar yang terlalu besar sulit dijangkau oleh merek yang berjuang dengan sendiri. Melalui pemasaran kolaborasi dinilai dapat memperoleh sesuatu yang sulit dilakukan seorang diri/merek perusahaan

Berkolaborasi juga bisa dilakukan dengan mitra-mitra online yang sesuai dengan tema dari usaha pebisnis itu sendiri. Ketika merek berkolaborasi dengan influencer atau konsumen, mereka dapat bersatu dan membuat inovasi yang unik, sehingga memperoleh added value merek di mata pelanggan.

Rumus dalam pemasaran kolaborasi yakni NTI (Nilai, Tujuan, Identitas). Nilai atau alasan yang dibawa oleh partner kolaborasi harus sama (misalnya sama dalam memperjuangkan nilai-nilai kebudayaan). Selanjutnya Tujuan yang sama yakni dimana dalam kolaborasi pemasaran memiliki tujuan saling memperbesarkan merek/komunitas/organisasi/yayasan/lainnya. Terakhir Identitas, dimana identitas merupakan sebuah badan yang dibawa untuk dipasarkan secara luas, maka dari itu antara partner kolaborasi harus beda-beda untuk mempermudah pasar dalam menilainya.

Semoga bermanfaat, Terima kasih!

Tags
Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also

Close
Back to top button