Kreatif

Digital Marketing Melalui Instagram

Dalam berbisnis, selain memperhatikan kualitas dari produk yang dihasilkan juga penting untuk memikirkan bagaimana strategi promosi dan/atau pemasaran yang dijalankan, karena akan sangat berkaitan dengan penjualan produk dan menarik minat konsumen. Nah, seiring dengan perkembangan dunia digital yang begitu pesat, saat ini strategi promosi yang dijalankan oleh para pebisnis pun mulai beralih dari yang semula menggunakan strategi pemasaran secara tradisional menjadi pemasaran melalui digital (digital marketing).

Pada dasarnya, Digital Marketing sendiri merupakan istilah umum untuk kegiatan pemasaran yang menggunakan teknologi, seperti website, email, content marketing, dan social media marketing. Dari beberapa jenis digital marketing yang ada, social media marketing menjadi salah satu bentuk digital marketing yang paling digandrungi oleh para pelaku bisnis. Sesuai dengan namanya, social media marketing merupakan bentuk pemasaran yang memanfaatkan kanal media sosial seperti Facebook, Instagram, Twitter, dan berbagai media social lainnya untuk mempromosikan produk yang diproduksi.

Melalui sosial media, campaign iklan produk akan lebih mudah menjangkau penggunanya secara luas serta meningkatkan exposure iklan yang dipasang. Selain itu, melalui sosial media khususnya Instagram pelaku bisnis dengan mudah mendapatkan insight dan/atau data yang dapat digunakan untuk menganalisa performa produk dikemudian hari. Hmm menarik bukan?

Pada kesempatan kali ini Jagoan Indonesia mencoba merangkum beberapa strategi Digital Marketing melalui Instagram yang dapat diterapkan pada usaha yang anda miliki

Identifikasi “Brand Plan”

Bangun “Brand Plan” anda dengan memperhatikan tiga unsur berikut diantaranya consistency, clarity, dan congruence. Konsistensi berarti anda memposting konten dan berinteraksi dengan follower secara rutin dan sesuai schedule. Clarity menjelaskan siapa, apa, dan bagaimana brand anda kepada target market. Terkahir, congruence merupakan unsur yang mencakup consistenty dan clarity secara keseluruhan, dimana anda harus mengenalkan dan menjelaskan secara menyeluruh tentang apa dan bagaimana produk anda, apa yang anda lakukan, tema dan/atau konsep yang ada usung, sehingga follower anda akan mengenal produk/brand anda secara clear

Source: https://www.youtube.com/watch?v=o_q02EtWsUc

Identifikasi Content Marketing

Apa yang anda inginkan dari Instagram? Pertanyaan tersebut menjadi key point ketika anda menggunakan Instagram sebagai tools untuk bisnis yang sedang anda jalankan. Bukan sekedar asal-asalan dalam membuat content di Instagram, tapi anda juga harus memperhatikan target marketing anda dengan memperhatikan umur, gender, marital status, annual income, level pendidikan, hobi, dan personality traits. Setelah mengetahui target marketing, anda harus menyiapkan content marketing yang sesuai, seperti memberikan value pada setiap konten

Source: https://www.youtube.com/watch?v=r62f4o5xTu0

Bangun “Mindset Shift” Pada Ideal Customer

Bukan hanya sekedar meningkatkan engagement, akan tetapi buatlah konten yang ada buat dapat mengubah dan/atau mentransformasi mindset dari target market anda. Buatlah konten yang mengandung call to action calon pembeli untuk membeli produk anda

Source: https://www.youtube.com/watch?v=aPT7smZki6g

Pahami Algoritma Instagram

Pernahkan anda mendengar istilah “Algoritma Instagram”? Secara sederhana, algoritma Instagram merupakan konten yang akan ditampilkan oleh Instagram berdasarkan perilaku dan/atau konten sejenis yang pernah anda lihat di Instagram. Dalam digital marketing, memahami algoritma menjadi poin penting agar campaign yang anda buat mendapatkan exposure tinggi, seperti tingkatkan interaksi dengan follower, karena dengan semakin sering berinteraksi maka Instagram akan menaikkan level postingan anda, “content is a key” buatlah konten yang menarik dan memberikan manfaat bagi follower, dan pelajari insight Instagram yang anda miliki, agar kedepannya anda tau konten seperti apa yang diinginkan oleh follower

Source: https://www.youtube.com/watch?v=RbZzz4Xc7PA

Buatlah Video Content

Siapa yang nggak suka nonton video? Pasti semua suka nonton video kan? Nah, saat ini menggunakan video sebagai salah satu strategi marketing menjadi andalan para pelaku usaha untuk mempromosikan produk yang dimiliki baik di post pada feed, story, IG TV ataupun pada Instagram Ads. Dengan menggunakan video, calon pembeli akan lebih tertarik untuk melihat deskripsi produk yang anda tawarkan. Tidak perlu membuat video yang terlalu rumit, cukup dengan membuat video yang simple engagement yang akan anda dapatkan akan sangat luar biasa. Jangan lupa pastikan detail produk dan/atau nilai yang ingin anda sampaikan bias tersampaikan dengan jelas kepada target market anda ya

Source: https://www.youtube.com/watch?v=PxStsN-IHzE

Itulah beberapa key point dari Digital Marketing yang dapat anda terapkan pada brand atau usaha yang anda jalankan saat ini. Semoga bermanfaat

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button